Ciri-ciri copet dan cara menghindari copet diangkot


Berdasarkan pengalaman beberapa kali memergoki copet beraksi diangkot kampung rambutan, Cileungsi dan Leuwiliang, beginilah cara copet diangkot beraksi.
Cara Copet Beraksi
Satu tangan diatas dan satu tangan lagi menyelinap dibalik tas atau jaket, copet satu lagi berjaga-jaga , mencoba mengalihkan perhatian atau mencopet penumpang lainnya.

Marilah kita kenali ciri-ciri copet:

  1. Biasanya terdiri dari dua orang, baik naiknya bersamaan maupun tidak, jika tidak biasanya copet kedua  naik tidak jauh dari copet pertama, pura -pura tidak kenal antar satu copet dengan temannya tersebut.
  2. Membawa jaket ditangan atau tas besar namun tidak ada isinya, terkadang tas besar namun keliatan ringan mungkin diisi busa, tas atau jaket disimpan dipangkuan semua itu untuk menutupi aksinya.
  3. Berpakaian rapi, beberapa yang saya temui pakai kemeja, pakai sepatu, ada juga yang pakai topi.
  4. Umur bervariasi, waktu di daerah cileungsi dua-duanya umurnya sekitar 25 tahunan, sedangkan copet diangkot leuwiliang umurnya sekitar 40 dan 45 tahunan, yang lebih muda bertampang kumal.
  5. Gerak-geriknya mencurigakan, biasanya memperhatikan si korban terlebih dahulu dari ujung kaki sampai ujung rambut.
  6. Duduknya suka mepet berdekatan walaupun disekitarnya tempat duduk masih kosong.

Cara untuk menghindarinya:

  1. Sisakan uang seperlunya untuk ongkos dikantong, simpan uang yang jumlahnya besar atau hape ditempat yang jauh dari jangkauan copet misalnya didalam lipatan baju didalam tas atau pecah-pecah uang dibeberapa tempat supaya jika salah satu hilang masih ada yang lain.
  2. Curigai orang yang membawa tas besar atau jaket dipangkuan.
  3. Curigai orang dengan gerak-gerik yang mencurigakan, duduk mepet-mepet, memperhatikan orang dari ujung kaki sampai ujung rambut.
  4. Curigai orang yang salah satu tangannya tersembunyi dibalik tas atau jaket.
  5. Jangan melamun dan usahakan tidak tertidur.
  6. Jangan terpaku pada satu pandangan, cobalah sekali-kali melirik kearah lain.
  7. Jangan coba-coba pamer hape, pake hape seperlunya dan simpan lagi ditempat yang aman.
  8. Posisi resleting tas

  9. Jika memakai tas dengan resleting ganda, ubah posisi resleting ke posisi atas supaya terlihat oleh penumpang lainnya.
  10. Jika selama perjalanan anda tidak akan mengambil apa-apa dari tas, alangkah baiknya tas anda dibungkus dengan rain cover atau bag cover.
  11. Jika di dalam angkot hanya tersisa Anda dan orang yang dicurigai copet, lebih baik anda turun dan mengganti dengan angkot yang lain, lebih baik rugi nambah diongkos daripada nyawa dan harta anda terancam, tapi ingat turunlah ditempat yang ramai.

Untuk copet yang beraksi dibangku bis juga hampir sama modusnya dengan yang diangkot, biasanya menawarkan tempat duduk padahal dibangku tersebut telah menunggu temannya sesama copet.
Mudah-mudahan berguna bagi angkoters dan membuat angkoters lebih waspada.

Comments
29 Responses to “Ciri-ciri copet dan cara menghindari copet diangkot”
  1. khalibrand mengatakan:

    ane kemaren kena copet, feeling sih mereka ada 4 orang. Modusnya bagi-bagiin brosur, trus mraktekin dan yang sebelah ngambil HP. Sayang ane baru sadar kalo mereka ada 4 orang setelah capek ngejar yg satu orang dan g ketemu. Angkot 112 depok – Kp. Rambutan

  2. Om Kicau mengatakan:

    Copet?
    Sangat-sangat menjengkelkan, bikin kecewa habis, apalagi kalau yang disikat HP dengan banyak catatan dan nomer kontak hehehe.
    Huh….

  3. kyuutaro mengatakan:

    naik angkot mesti waspada sama 2 orang ato lebih yang naik bersamaan.

    Kalo pengalaman sama copet di angkot dan bus sih belum pernah, tapi kalo di kereta sering. Malah copetnya pake silet.

    tambahan lagi, kalo lagi hujan dan kita neduh di halte yang banyak orangnya juga mesti waspada.

  4. Dian mengatakan:

    Wah, waktu ke Tanah Abang k kna copet, k naik bis no 19 arah Blok M – Tanah Abang. Waktu lewat BEI, ada serombongan ibu2 5 orang naik. Trus ada nenek2 duduk di samping k. Aku tenang2 aja karena biasanya aku naik busway jadi mungkin krn mrs aman k diam aja. Eh pas mau smp Tanah Abang, tb2 salah satu ibu2 itu teriak :”Mba uangnya diambil!”. Wah, k lsg kejar tu copet tp g d tanda2 org lari. Hilang sudah 1,3 juta…..

    Saya langsung teriak, nangis n lari ke pos parkir & menceritakan semua kejadiann. Kata mereka saya kena hipnotis krn yg hilang hy uang cash, sedangkan dompet, KTP, ATM ms d. Saya tanya org2 dsn dmn ktor polisi, mreka bilang tu jauh, saya ty lag k org lain kty deket kok ktor polisinya. Wah, udah panik, dikasi info yg jlas tbah panik. Untungnya,Petugas parkir ngasih 20 ribu ke saya dan wkt sy mau pulang tb2 d mobil polisi. Y d k ktok jendela mobil polisi n minta dianter smp busway BI.

    Spanjang perjalanan, para polisi cerita klo Tanah Abang mmang rawan sekali. Bahkan anak pemilik Blok A Tanah Abang yg datang dengan para pengawalnya pun tak luput dari serangan penjahat2 brengsek itu dimana mereka kehilangan selurh HP-nya (kebayang nggak sih tu copet bs ambil hp tu org + pengawal2nya?)

    Amit2 ke Tanah Abang lagi…………. kapok! Mending beli baju di mall aja deh………

  5. Killer-Bee mengatakan:

    yg psti sbelum berpergian hrs baca doa dulu….. insya allah kita selamat & aman smpai tujuan,, aminn.

  6. Poet mengatakan:

    tulisan yg simpel tp informatif bgt, pas buat referensi tulisan tentang copet yang barusan saya tulis di blog saya. Suka gregetan emang kalo liat aksi para pencopet di angkot n bus..

  7. andy mengatakan:

    ya yang namanya copet…saya doain mampussssss…bukan kaya gitu caranya cari duit bung…

  8. Lya mengatakan:

    huaaaaa…baru kemaren hp saya juga hilang d’angkot..sumpah ngeselin bgt tuh copet.
    pdhal blm ada sebulan jg tuh hp dipake baru beli udh ilang..
    huh, blm rejekinya x yaa..ya smoga z tuh copet cepet2 sadar u/ ga cari duit dgn cara yg kyk bgitu..
    buat semua yg udah pernah kecopetan termasuk saya jadiin pengalaman z semoga ni yang pertama dan terakhir..
    dan pesen buat si pencopet : cari duit haram, makan duit haram, cepet2 tobat lah!!!!!!!

  9. Indonesistenant mengatakan:

    copetnya ada yang baca nggak ya. seru ni Informasi, tapi kalo ada copet yang ngebaca jadi makin ahli dia..copet……..!!!!!!!!!!!!!!!

  10. avail mengatakan:

    oh jadi gitu ? saya masih trauma hehe terima kasih infonya :))

  11. andre mengatakan:

    copet tuh gk mandang tua ato pun muda.. ane jd takut apa lagi ane sering plng kerja malem2. n naek angkot…

  12. ocekojiro mengatakan:

    Biasanya yg faham tentang copet itu mantan copet,,, hehehe 🙂

    Blognya informatif bgt, salam kenal ya

    • eengsu mengatakan:

      SAYA BUKAN MANTAN COPET, Saya cuma beberapa kali melihat aksi pencopetan, diangkot 121 Kampung Rambutan-Cileungsi dan angkot 05 Bubulak- Lewiliang. Saya juga hampir kecopetan diangkot menuju rumah saya, waktu itu saya udah dikepung gerombolan copet, tapi Alhamdulillah saya bisa lolos, karena itu saya ingin berbagi pengalaman supaya saudara-saudara kita bisa lebih waspada.

  13. MuslimPribadi mengatakan:

    Nice tips gan. Coba transportasi publik aman dan nyaman, kota-kota seperti Jakarta dan Bandung ga akan macet. Sekarang mending punya kendaraan pribadi dari pada kena copet ato rampok di angkot, biskota atau kreta api. Serem…

  14. garisperak mengatakan:

    … salam. satu lagi nih, biasanya mata copet tuh ‘berkeliaran’, nggak bisa diam, memperhatikan penumpang, saling liat dgn teman sesama copet (mungkin cara mrka berkomunikasi). trus, duduk/berdirinya milih di tempat strategis misal di dekat pintu. pengalaman msh ‘anget’ nih, hbs naik kopajja 502 kmpung melayu – tanah abang … kalo di angkot, kerap pula pura2 muntah atau menjatuhkan sesuatu, untuk mengalihkan perhatian … begitu … thanksss yaa🙂

  15. dede mengatakan:

    Coba kalo maling, copet, rampok hukumannya potong tangan pasti org2 juga mikir-mikir mau berbuat itu. Tp sayang orang2 tolol pasti pada bilang itu hukuman melanggar HAM.

  16. indah mengatakan:

    ko gambarnya persis kya q sih.kejadiannya juga sama. bju n celana yang q pke jga sma warnannya .apa itu cuma kebetulan y. . .

  17. indah mengatakan:

    sempet curiga sih sama tuh copet, tapi pas q clingukan panik hp q ilang dia langsung turun bareng ama tmennya yang posisi du2knya berjauhan.

  18. Jabrik mengatakan:

    Kalo lagi naik bus kebetulan gak dpt duduk usahakan berdiri posisi punggung (dompet) mempet dengan jendela jdi ngindari copet gerayangan, kalo tau copet mulai gerayangin liatin tu muka copet dn jangan teriak perlahan pindah tempat, kalo teriak nanti si copet panik malah berabe karena copet gak pernah sendirian kalo operasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: