Tips Mudik Dengan Angkot yang praktis dan aman


Bagi Anda yang mudik masih dalam satu kota, atau masih dalam area Jabodetabek biasanya mudik menggunakan jasa angkutan umum, satu hal yang pasti biasanya penjahat mengincar orang-orang yang terlihat bingung dan berpenampilan kampungan. Supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, eengsu.wordpress.com ingin membagikan beberapa tips yang sekiranya bisa berguna dan membuat mudik menjadi praktis dan aman, berikut tipsnya:

1. Jangan bawa barang berlebih atau berukuran besar.
Ingatlah masih ada hari lain selain lebaran untuk membawa barang ke kampung halaman, jadi jangan bawa barang-barang anda yang dianggap tidak perlu atau tidak ada hubungannya dengan ramadhan dibawa pulang ke kampung, bawalah barang seperlunya. Jangan bawa barang dalam dus-dus besar,  selain akan merepotkan juga akan membuat sempit penumpang lain diangkot. konsentrasi orang diterminal saat mudik pasti padat, tentunya dengan membawa barang-barang besar akan semakin menyulitkan anda melangkah diarea terminal.
Membawa barang-barang dalam dus besar juga akan menurunkan wibawa anda, anda akan dianggap orang kampungan atau baru pulang dari rumah majikan sehingga bisa jadi menjadi incaran empuk pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Satu lagi bukankah saudara kita dikampung halaman lebih mengharapkan uang dibanding barang-barang yang tidak ada hubungannya dengan lebaran.

2. Jangan pakai perhiasan mencolok.
Mudik lebaran bukanlah ajang pamer kesuksesan atau kekayaan, jadi pakailah perhiasan seadanya dan seminimalis mungkin, jika perlu jangan pakai perhiasan, Perhiasan yang berlebih akan mengundang kejahatan, niatnya pamer dikampung malah bisa jadi pulang ke kampung tidak bernyawa. Jika anda mempunyai perhiasan imitasi jangan pula dipakai karena penjahat tidak akan tau kalau perhiasan tersebut aspal. Simpanlah perhiasan dibagian tas paling dalam yang sulit untuk dijangkau. misalkan masukan dalam lipatan baju dan lain-lain. Ingat hanya orang kampungan yang memamerkan perhiasan diangkutan umum, karena orang yang berpendidikan pasti tidak memakai perhiasan berlebih.

3. Siapkan uang seperlunya untuk ongkos
Sisakan uang seperlunya untuk ongkos dikantong, simpan uang yang jumlahnya besar atau hape ditempat yang jauh dari jangkauan copet misalnya didalam lipatan baju didalam tas atau pecah-pecah uang dibeberapa tempat supaya jika salah satu hilang masih ada yang lain.

4. Jangan pakai Hand phone dikala tidak perlu.
Hand phone biasanya salah satu incaran penjahat selain uang dan perhiasan, terlebih jika HP tersebut berharga mahal, oleh karena itu pakailah HP seperlunya, simpanlah kembali HP pada tempat yang aman.

5. Berpenampilan simple elegant
Penampilan kampungan biasanya menjadi incaran para pencopet dan penjahat lainnya, selain itu anda pasti akan menjadi permainan calo, pedagang asongan dan pengamen.
Pasti anda suka heran ketika siang bolong, terik, panas ada orang pakai jaket, udah gitu jaket gratisan dealer motor lagi..hehehe..menggelikan memang, tapi biasanya orang-orang tersebut dianggap orang kampung atau anak alay yang tidak tau kalau kita hidup dinegara tropis.
Pakailah pakaian yang simple elegant, jika anda pria, cukup pakai celana jeans dengan atasan berupa t-shirt, polo shirt atau kemeja lengan pendek jangan pakai kemeja tangan panjang pasti panas jika didalam angkot, pakailah dengan warna-warna elegant seperti krem, biru, putih, abu-abu dsb. tidak perlu pakai pakaian ala rocker yaitu memakai celana dan baju serba hitam akan menambah panas.
Jika Anda wanita cukup pakai celana jins dan kaos, jangan pakai kaos yang terlalu ketat kalau tidak ingin digoda oleh calo-calo terminal.
Cukup membawa satu tas berisi pakaian rasanya sudah cukup.

6. Bawalah kipas tangan.
Bawalah kipas tangan, lumayan bisa mendinginkan tubuh dikala angkot sedang ngetem atau terkena macet.

7. Naiklah angkot yang sudah ada penumpangnya.
Jangan naik angkot yang masih kosong karena akan ngetem lebih lama dibandingkan angkot yang sudah ada isinya, terkadang calo juga pinter mereka menempatkan temannya yang menyemar sebagai penumpang, setelah angkot terisi calo yang menyamar ini biasanya turun. Selain itu carilah angkot yang “nyodok” (angkot yang tidak antri dalam daftar tem).

8. Jangan terpengaruh calo.
Pastikan angkot yang akan dinaiki adalah angkot yang siap berangkat.

9. Jangan seperti orang bingung.
Celinguk kiri, celinguk kanan..hati-hati karena bisa jadi anda jadi permainan pedagang asongan, pedagang asongan khususnya Bogor terkenal sadis, jika anda terlihat bingung anda akan dihampiri dan biasanya dipaksa untuk membeli barang dagangannya. Bersikaplah seolah-olah anda telah hapal jalan yang dilalui atau seolah-olah anda sering nongkrong didaerah tersebut, jika tidak tau jangan malu bertanya kepada pak polisi atau DLLAJ.

10. Sikap terhadap pengamen
Siapkan uang receh untuk pengamen, jika anda tidak ingin memberikan uang kepada pengamen lambaikan tangan tanda “tidak” sambil senyum, jika tetap memaksa berilah uang seperlunya.

11. Hati-hati terhadap Copet diangkot.
Maksud hati ingin membahagiakan orang dikampung dengan membawa uang hasil jerih payah dikota, tapi malah uang tersebut ludes diambil copet. tentunya kita tidak ingin terjadi hal tersebut bukan. Silahkan baca tips menghindari copet yang telah eengsu.wordpress tulis sebelumnya

Demikan beberapa tips mudik dengan angkot, semoga mudik menjadi aman, nyaman, praktis dan berwibawa.(eengsu.wordpree.com)

 

TIDAK MELAYANI PERTANYAAN / KOMENTAR DILUAR TOPIK TIPS MUDIK DENGAN ANGKOT

 

Comments
5 Responses to “Tips Mudik Dengan Angkot yang praktis dan aman”
  1. Irfan Handi mengatakan:

    saya baru liat di forum WP. Mau pasang histats di blog WP ya mas?,
    Coba kesini http://irfanhandi.wordpress.com/2011/05/31/cara-memasang-widget-histats-di-blog-wordpress/
    semoga bermanfaaat.

  2. eengsu mengatakan:

    Berhasil mas.. thanx ya atas tutornya

  3. Irfan Handi mengatakan:

    kalau mau, ada satu lagi yang gak kalah menariknya. coba yang ini ya . . .
    http://irfanhandi.wordpress.com/2011/09/08/cara-pasang-live-traffic-feed-pada-wordpress/
    Semoga berhasil lagi, he.he. . .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: